PT Samudera Luas Paramacitra: 85 Tahun Membangun Kompetensi di Industri Karet | Rubber Fender, Rice Hulling Roll, Elastomeric Bearing Pad, Rubber Airbag, Mooring Buoy | PT Samudera Luas Paramacitra

PT Samudera Luas Paramacitra: 85 Tahun Membangun Kompetensi di Industri Karet

Ungkapan “konsistensi menghasilkan kompetensi”, benar adanya. Buktinya bisa kita lihat dari perjalanan panjang PT Samudera Luas Paramacitra, manufaktur produk berbahan dasar karet di Indonesia. Perusahaan ini didirikan di Cirebon pada tahun 1936 dengan nama NV Liem Goan Kwie sebagai Nederlandsch Indische Handel Maatschappij (Perusahaan Perdagangan Indonesia – Belanda). Bergerak di bidang hasil bumi, trading dan minyak tanah.

Pada tahun 1955, karena perubahan pasar, NIRI berganti halauan menjadi manufaktur produk berbahan dasar karet. Menandai perputaran ini, NIRI mendirikan pabrik pertamanya  di Cirebon. Produk yang dihasilkan meliputi perlak bayi, seal tutup botol dan ban dalam sepeda dan becak . Selain itu NIRI juga memroduksi sol sepatu dan berbagai produk karet lain. Semuanya dipasarkan di bawah brand Niri. Tetapi, pada tahun 1965, kebakaran hebat terjadi di pabrik NIRI yang membuat sebagian besar mesin rusak berat. Akan tetapi, peristiwa ini tidak membuat semangat pendiri pabrik NIRI ini padam, sehingga pada tahun 1966, NIRI kembali beroperasional dengan mulai memproduksi karpet mobil.

Peka terhadap kebutuhan pasar adalah ciri NIRI. Pada tahun 1972, ketika sektor pertanian Indonesia berkembang pesat karena program intensifikasi, NIRI mulai memproduksi rice rubber roll, silinder pemecah gabah yang dipasang pada mesin giling gabah. Perusahaan tumbuh pesat, sehingga pada tahun 1984 NIRI membuka pabrik keduanya di Jalan Raya Cirebon-Tegal, Kanci.

Pada tahun 2001, NIRI mulai melayani industri di sektor maritim untuk kapal dan pelabuhan dengan memproduksi rubber fender. Setelah rubber fender, produk-produk lain untuk sektor maritim yang disediakan meliputi mooring bollard, mooring buoy, dan quick release hook.

Pada tahun 2005, NIRI memasuki pasar sektor infrastruktur dengan memproduksi karet bantalan jembatan (elastomeric beraring pad).  Melengkapi produk ini, NIRI kemudian membuat karet bantalan rel kereta api (railway bearing pad).

Tonggak perubahan besar terjadi pada tahun 2014. NIRI resmi menggunakan nama menjadi PT Samudera Luas Paramacitra yang dikenal sebagai SLP. Untuk memegang teguh nilai-nilai historisnya, SLP tetap menggunakan brand dan logo NIRI Rubber.

Terobosan besar untuk melayani sektor maritim membawa hasil pada tahun 2017. PT Samudera Luas Paramacitra bekerja sama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) mengembangkan rubber airbag & pneumatic fender, perusahaan ini berhasil menjadi produsen rubber airbag pertama di Indonesia.

Meskipun demikian, PT Samudera Luas Paramacitra tidak melewatkan peluang di industri manufaktur, oil and gas, serta  otomotif  yang juga sedang berkembang pesat. Perusahaan ini memproduksi artikel karet seperti rubber seal, onderdil mesin, kupling dan berbagai produk artikel lain.

Saat ini SLP beroperasi di atas lantai produksi seluas 10,000 m2 (sepuluh ribu meter persegi) yang dilengkapi laboratorium untuk memastikan kualitas produk yang dihasilkan. Sejalan dengan visinya untuk menjadi pemain global, mengambil sertifikasi ISO 9001:2000 untuk menerapkan sistem manajemen mutu standard internasional. SLP juga mengadopsi standar mutu produk nasional maupun internasional seperti SNI, TKDN, dan PIANC.

Bagi Anda yang tertarik untuk bekerja sama atau membutuhkan produk-produk SLP silakan menghubungi hotline (+62) 823 2018 9998 atau email admin@niri-rubber.com.

Flags Widget powered by AB-WebLog.com.