Fender Tipe V Multifungsi Dengan Manfaat Maksimal | Rubber Fender, Rice Hulling Roll, Elastomeric Bearing Pad, Rubber Airbag, Mooring Buoy | PT Samudera Luas Paramacitra

Fender Tipe V Multifungsi Dengan Manfaat Maksimal

Indonesia merupakan negara kepulauan, dimana pelabuhan menjadi salah satu fasilitas penting yang ada di setiap daerah. Pelabuhan merupakan tempat yang terdiri dari daratan dan perairan di sekitarnya berfungsi sebagai tempat kapal bersandar, berlabuh, tempat penumpang naik turun serta bongkar muat barang yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan pelayaran dengan berbagai kegiatan penunjang (PP No. 69 Tahun 2001). Pada umumnya, pelabuhan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas penunjang fisik utama berupa lapangan penumpukan, gudang, dan tambatan/dermaga.

Dermaga merupakan sebuah struktur bangunan yang dibuat di laut untuk menghubungkan bagian darat dan pelabuhan yang berfungsi sebagai tempat merapat atau menambatkan kapal yang akan melakukan kegiatan menaik turunkan penumpang maupun bongkar muat barang. Tipe dermaga dibedakan menjadi tiga tipe yakni 1) tipe wharf merupakan dermaga yang pararel dengan garis pantai; 2) tipe pier merupakan dermaga yang berada pada garis pantai dan posisinya tegak lurus dengan garis pantai; 3) tipe jetty merupakan dermaga yang menjorok ke laut sedemikian rupa sehingga sisi depannya berada pada kedalaman yang cukup untuk mencapai kapal.

Dermaga terdiri atas dua struktur yaitu struktur atas (balok dan plat lantai) dan struktur bawah (poer dan tiang pancang) yang berfungsi mendukung bagian di atasnya. Konstruksi dermaga diperlukan untuk menahan gaya-gaya akibat tumbukan kapal dan beban selama bongkar muat barang.

Salah satu alat yang digunakan untuk meredam benturan yang terjadi antara kapal dan dermaga adalah marine rubber fender biasa dikenal dengan karet pelindung kapal. Terdapat berbagai bentuk dan ukuran, dimana penggunaannya tergantung dari ukuran dermaga, jenis kapal, bobot kapal, kondisi pasang surut air laut dan faktor-faktor lainnya.

Kami PT Samudera Luas Paramacitra memproduksi fender tipe V dari karet berkualitas dengan standar uji yang ketat sehingga mempunyai daya tahan yang baik untuk menyerap energi benturan yang tinggi dengan gaya reaksi yang rendah antara kapal dan dermaga. Cocok untuk pelabuhan multifungsi, terutama pelabuhan kecil dan sedang. Produk kami dibuat oleh teknisi-teknisi berpengalaman dengan hanya menggunakan material terbaik sehingga awet tahan lama dengan perawatan minimal. Bagi  anda yang berminat dengan produk berkualitas kami dapat menghubungi melalui hotline (+62) 823 2018 9998 atau email admin@niri-rubber.com.

Flags Widget powered by AB-WebLog.com.