SLP RUBBER WATERSTOP

Bearing pad

Disusun untuk persiapan pengujian

SLP Arch Fender

Proses pengiriman

SLP Rubber Airbag, Solusi Cerdas Bagi Galangan Kapal

Lalu lintas kargo maupun proses logistik semakin meningkat hari demi hari. Sudah menjadi fakta yang kita ketahui bersama, bahwa transportasi via laut adalah yang paling ekonomis jika dibandingkan via darat maupun udara.  

Seiring peningkatan tersebut, permintaan pembuatan kapal baru, pemeliharaan sekaligus perbaikan kapal terus meningkat. Pada tahun 2023, galangan kapal di Batam saja mendapatkan ratusan pesanan kapal tongkang. Itu belum termasuk pembuatan jenis kapal lain seperti tanker, kapal kargo, kapal feri, kapal tunda, kapal patroli, kapal wisata, maupun kapal lainnya dengan berbagai tipe dan ukuran. 

Sayangnya peningkatan permintaan jasa galangan kapal terkadang kurang diimbangi dengan fasilitas operasional yang baik. Secara umum, fasilitas galangan kapal di Indonesia relatif belum merata. Hal inilah yang berpotensi menyebabkan backlog (penumpukan) dan lambatnya proses produksi, perbaikan dan pemeliharaan kapal. Salah satu peralatan yang berkontribusi nyata pada keandalan dan efisiensi operasional galangan kapal adalah Rubber Airbag.  

Rubber airbag berperan penting pada proses docking dan launching. Docking adalah proses memindahkan kapal dari perairan ke area perbaikan dan pemeliharaan atau dok (dock). Sedangkan launching merupakan proses pemindahan kapal dari area dok ke perairan.  

Rubber airbag merupakan kantong udara berbentuk tabung dengan kerucut di kedua ujungnya. Kantong udara ini dibuat dengan dua lapisan utama. Lapisan dalam terbuat dari jalinan benang nilon dilapisi karet disebut synthetic cord reinforced rubber.  Lapisan terluar terbuat dari karet alam yang dimodifikasi sehingga memiliki daya tahan terhadap gesekan, tekanan, cuaca dan air laut. 

Untuk menarik kapal ke darat (proses docking), bagian bawah ujung depan kapal dipasang  rubber airbag,  kemudian kapal ditarik menggunakan winch atau alat berat lainnya. Seiring dengan laju kapal, rubber airbag ditambahkan di depannya. Demikian seterusnya sampai kapal tiba di area dock. Selanjutnya di bawah kapal dipasang beton penyangga (stowblock) . Kapal siap untuk proses pemeliharaan, dan rubber airbag  dikempiskan untuk disimpan.  

Demikian juga untuk proses peluncuran kapal dari darat ke laut. Di antara stow block dipasang rubber airbag, yang kemudian diisi udara. Selanjutnya stow block diambil, dan kapal siap diluncurkan ke perairan. 

Penggunaan rubber airbag  untuk docking  dan launching memiliki nilai tambah tersendiri dibanding menggunakan peralatan lain, yaitu: 

  1. Investasi relatif rendah.  

Galangan kapal tidak perlu berinvetasi besar untuk membangun fasilitas docking berupa graving dock maupun slipway.  Galangan cukup membersihkan, meratakan dan memadatkan tanah di tepi pantai / sungai. 

  1. Perawatan murah.  

Perawatan rubber airbag jauh lebih murah dibanding perawatan graving dock maupun slipway.  Dengan perawatan yang baik, rubber airbag dapat digunakan berkali-kali dalam jangka waktu lama. 

  1. Penggunaanya bisa mobile, dipindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Dengan rubber airbag, galangan memiliki  kapasitas yang fleksibel dan dapat ditingkatkan, karena dengan bibir pantai yang landai, sudah dapat dijadikan fasilitas pembangunan kapal baru maupun docking yang besar. 

Untuk efektivitas dan efisiensi di dalam penggunaan rubber airbag, Galangan perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:  

  1. Area peluncuran dan docking dibuat rata dan padat. Jika memungkinkan area dicor beton. 
  1. Bersihkan area peluncuran atau docking dari logam dan benda tajam seperti paku, batu karang, kaca beling, yang dapat menusuk atau merobek rubber airbag
  1. Bersihkan permukaan kapal yang akan naik dock  atau diluncurkan dari benda tajam. 
  1. Pastikan rubber airbag diisi dengan tekanan angin yang tepat, sesuai spesifikasi yang ditentukan oleh produsen. Gunakan alat pengukur tekanan (pressure gauge) saat mengisi angin agar tidak berlebihan atau kurang.  Tekanan yang terlalu rendah dapat mengurangi daya angkat dan kestabilan kapal, sedangkan tekanan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada rubber airbag.  

Untuk menjaga keawetan rubber airbag, implementasikan tips berikut ini:  

  1. Setelah penggunaan, rubber  airbag dibersihkan, dikempiskan, dan dilipat dengan rapi, kemudian dibawa ke tempat penyimpanan menggunakan kendaraan atau diangkat menggunakan Forklift. Apabila tempat penyimpanan memungkinkan, rubber airbag dapat disimpan dengan kondisi tidak dilipat. 
    Pastikan area penyimpanan rubber airbag selalu bersih dari benda tajam atau benda-benda yang dapat merusaknya. 
  1. Simpan rubber airbag di tempat yang kering, sejuk, berventilasi dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. 
  1. Ketika tidak digunakan untuk waktu yang lama, setelah rubber airbag dibersihkan dan kondisi kering, taburkan bedak (talk) di permukaannya supaya tidak lembap dan lengket. 

Kini saatnya galangan kapal Anda menggunakan rubber airbag untuk efsiensi dan kelancaran operasional. Cobalah menggunakan SLP Rubber Airbag, yang merupakan hasil inovasi PT Samudera Luas Paramacitra bermitra dengan BRIN (Badan Riset Dan Inovasi Nasional).  

Adapun keunggulan SLP Rubber Airbag antara lain: 

  1. Merupakan 100% produksi dalam negeri yang telah disesuaikan dengan kebutuhan khas galangan kapal di Indonesia. 
  1. Memiliki Sertifikat TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sebesar 44%,  jauh di atas persyaratan yang ditetapkan pemerintah sebesar 25%.  
  1. PT Samudera Luas Paramacitra melakukan riset dan inovasi secara terus-menerus demi meningkatkan mutu dan kehandalan SLP Rubber Airbag. 

Untuk mendapatkan informasi atau berkonsultasi mengenai  SLP Rubber Airbag, silahkan menghubungi di hotline (+62) 823 2018 9998 atau email admin@niri-rubber.com   

SLP Fender type Super Cell

Seal Pintu Air

Barang siap untuk dikirim

Standarisasi Keamanan Pelabuhan Perintis Demi Terciptanya Keamanan Dan Pembangunan Berkepanjangan, Serta Pemenuhan Kualitas Fender bagi Pelabuhan Atau Dermaga

Pelabuhan Perintis Sebagai Penunjang kegiatan Wilayah Yang Sulit Dijangkau

Aktivitas dermaga dan perkapalan merupakan kegiatan yang tidak lepas dari mobilisasi yang ada pada pelabuhan, Demi terciptanya kenyamanan dan keamanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut tentunya memiliki ketentuan dalam menunjang pembangunan pelabuhan, baik bagi pelabuhan konvensional maupun pelabuhan perintis bagi daerah daerah yang cukup terisolasi.

Berdasarkan hal tersebut yang menjadi fokus saat ini yaitu merujuk kepada, bagaimana fasilitas keamanan dermaga atau pelabuhan perintis yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang masih belum memiliki fasilitas dan keamanan yang cukup sebagai standar keamanan pada dermaga dan kapal yang berlabuh ada pelabuhan perintis tersebut.

Merujuk kepada Jurnal Studi Evaluasi Operasional Pelayaran Perintis di Indonesia (Suyono & Trimukti, 2018) terkait dengan eksistensi pelabuhan perintis yang merupakan salah satu fokus kerja Kementerian Perhubungan yang merujuk kepada program “keselamatan dan keamanan, peningkatan kualitas pelayanan, juga peningkatan kapasitas.

Jika melihat lagi kepada factor keselamatan dan keamanan pelabuhan perintis, terutama melihat kembali kepada wilayah pelabuhan itu sendiri, cukup menjadi perhatian . di mana jarak yang cukup jauh dengan wilayah yang lebih berkembang, ketersediaan produk rubber fender yang menjadi salah satu penunjang standar keamanan dan keselamatan kapal masih kurang diperhatikan, ditambah pelabuhan perintis itu sendiri yang berfungsi sebagai penghubung bagi daerah yang terisolir dengan wilayah yang berkembang atau lebih maju.

Pada Jurnal Studi Evaluasi Operasional Pelayaran Perintis di Indonesia (Suyono & Trimukti, 2018) juga menjelaskan hasil penelitiannya dalam tingkat kinerja angkutan laut perintis, nyatanya sudah cukup baik secara pelayanan, namun dalam

segi fasilitas dan keamanan dermaga di pelabuhan dinyatakan masih cukup kurang baik .

salah satu perlengkapan yang menunjang factor keamanan dan keselamatan di Pelabuhan perintis Rubber Fender (bantalan dermaga).

Rubber Fender berfungsi untuk melindungi body kapal dan dermaga dengan cara menyerap energi benturan yang terjadi sedemikian rupa sehingga dermaga maupun body kapal sama-sama dalam kondisi  aman dan selamat.

Syarat dan ketentuan akan Keamanan dan Keselamatan pada pelabuhan perintis tentunya masih menjadi konsern baik bagi pemerintah maupun pengguna fasilitas itu sendiri, oleh karena itu kebutuhan produk Fender yang memenuhi standar tentunya harus menjadi prioritas utama dalam meminimalisir terjadinya hal yang tidak seharusnya.

Standarisasi Produk Yang Terbaik Wajib Menjadi Penunjang Pembangunan Berkepanjangan Bagi Pelabuhan Perintis Yang Secara Wilayah Memiliki Faktor Keterjangkauan yang sulit

Berdasarkan fenomena yang terjadi pada pelabuhan perintis terutama pada faktor keamanan dan keselamatan PT Samudera Luas Paramacitra tentunya memiliki solusi karena berbagai produk fender pada PT Samudera Luas Paramacitra tentunya telah memiliki standarisasi produk yang baik, berkualitas tinggi dan tahan lama.

tentunya memiliki perawatan terbaik. PT Samudera Luas Paramacitra juga siap mengirimkan berbagai produk fendernya ke seluruh penjuru Nusantara.

PT Samudera Luas Paramitra Sebagai Penunjang Produk Dan Kualitas Terbaik dengan ISO 9001 Sejak 2008

Hal tersebut dibuktikan juga dari tahap produksi berbagai produk perusahaan melalui berbagai tes laboratorium, dengan penerapan sistem kualitas yang terintegrasi melalui proses (built in quality). pada tahap tersebut operator membantu mendeteksi adanya cacat atau potewnsi kesalahan produksi, proses tersebut juga tentunya menjadi salah satu penunjang ketahanan produk melalui berbagai evaluasi selama produksi berlangsung.

Berbagai Produk Fender Yang Mampu Menunjang Kebutuhan Fasilitas, keamanan, Dan Keselamatan Bagi Pelabuhan Perintis Sebagai Pembangunan Dan Penggunaan Jangka Panjang.

Demi terciptanya keamanan pada pelabuhan dan kapal tentu harus memiliki peranan dari berbagai produk fender sebagai penunjangnya, fender juga memberikan perlindungan baik bagi pelabuhan dan kapal, untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang disebabkan oleh benturan keras dan abnormal saat adanya aktivitas bersandarnya kapal pada dermaga.

Produk Rubber Fender pada PT Samudera Luas paramacitra juga menjamin penggunaan produk kami dalam penggunaan jangka panjang dalam menjamin fasilitas dermaga dan kapal dari kerusakan, serta produk kami juga merupakan produk yang memiliki perawatan mudah, Produk Rubber Fender PT Samudera Luas Paramacitra juga memberikan keuntungan dalam menghemat biaya material untuk

perbaikan seperti besi dan semen, karena dengan berbagai produk Rubber fender yang kami sediakan mampu meminimalisir terjadinya kerusakan.

Berdasarkan pertimbangan di atas, PT samudera Luas Paramacitra memberikan berbagai produk Rubber Fender dengan berbagai manfaat dan kegunaan demi terciptanya Keamanan dan Keselamatan pada pelabuhan maupun pelabuhan perintis sekalipun, berikut berbagai produk dan penjelasannya :

Cylindrical Fender

Cylindrical fender merupakan produk yang mampu menjadi pelindung kapal dan dermaga dari berbagai kerusakan. Produk ini merupakan produk yang memberikan solusi ekonomis dengan memberikan penawaran instalasi yang mudah. Produk ini sangat cocok digunakan untuk dermaga yang terpencil demi mengakomodasi ukuran kapal yang beragam.

SLP V Fender (SVF)

Produk Fender yang memiliki bentuk V merupakan penyempurnaan dari Rubber Fender tipe A, produk multifungsi yang populer memiliki manfaat jangka panjang, instalasi yang mudah dan lebih stabil, serta resistensi terhadap tekanan yang tinggi.

SLP A-Fender (SAF)

Produk fender dengan bentuk atau tipe A memiliki keunggulan yang cocok bagi pelabuhan-pelabuhan multipurpose . Produk ini mampu menahan absorpsi energi yang tinggi dengan gaya reaksi yang rendah.

SLP M-Fender (SMF)

Fender tipe M ini sering digunakan pada Pelabuhan penyebrangan , Fender tipe M ditempelkan pada Panel (frontal frame), frontal frame yang bersentuhan dengan dinding kapal dan fender menahan bantuan dan geseran dengan dermaga dinding.

SLP Super Cone Fender (SSCF)

Produk ini memberikan kestabilan pada badan fender karena bentuknya yg kerucut dan produk ini juga sangat efisien. Produk ini juga dapat memberikan reaksi yang rendah dan dapat stabil meskipun berada pada tekanan yang tinggi. Produk ini cocok untuk kapal dengan sudut merapat yang besar, contohnya di pelabuhan monopoles, dolphins, jetty terbuka, terminal untuk kontainer dan barang berat. Fender tipe ini dapat dipasang dengan mudah dan cepat.

Super Cell Fender (SSCF)

Produk ini memiliki bentuk silinder yang pada kedua sisinya terdapat divulkanisir besi yang ditempelkan secara permanen pada bagian kolomnya. Produk

ini mampu memberikan efek mengurangi terjadinya tekanan pada badan kapal. Produk ini memberikan absorpsi energi yang tinggi sehingga dapat menekan reaksi yang rendah. Pada saat angular berthing, performa fender ini terlihat sangat signifikan. Daya tahan fender tipe ini sangat tinggi.

SLP Arch Fender

SLP Arch Fender memiliki daya tahan yang tinggi, membuat fender ini menjadi pilihan yang ekonomis. Daya tahan ini disebabkan oleh absorpsi energi yang tinggi yang disebabkan oleh permukaan papan di bagian atas fender yang berfungsi untuk mengkonsentrasikan tekanan pada saat absorbsi energi terjadi. Oleh karena itu, unit ini memiliki performa yang cukup stabil.

PT Samudera Luas Paramacitra Solusi Jangka Panjang Yang Memberikan Keamanan Dan Keselamatan Kapal dan Dermaga bagi Pelabuhan Perintis.

Berdasarkan berbagai deskripsi produk dan manfaatnya serta keunggulan material itu sendiri PT. Samudera Luas Paramacitra juga telah menjadi distributor untuk berbagai pelabuhan yang ada di Indonesia. Untuk pemesanan dan konsultasi produk, silakan menghubungi 0823-2018-9998

Referensi :

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (2016). Kemenhub Tetapkan Peraturan Penyelenggaraan Kegiatan Pelayanan Publik Kapal Perintis Milik Negara. Retrieved

2023,                                   from                                   Dephub: https://dephub.go.id/post/read/kemenhub-tetapkan-peratu ran-penyelenggaraan-kegiatan-pelayanan-publik-kapal-p erintis-milik-negara

Suyono, R. S., & Trimukti, E. (2018). Studi dan Evaluasi Operasional Pelayaran Perintis di Indonesia. Retrieved 2023, from Jurnal Untan: 10.25104/warlit.v33i2.2004

SLP Super Cone Fender

Barang ready untu dikirim

SLP Rubber Airbag

Finish good area

SLP Elastomeric Bearing Pad

SLP Elastomeric Bearing pad yang terpasang pada penyangga girder di jembatan

Flags Widget powered by AB-WebLog.com.