Mooring Bollard Sebagai Tambatan Tali Kapal Saat Berlabuh | Rubber Fender, Rice Hulling Roll, Elastomeric Bearing Pad, Rubber Airbag, Mooring Buoy | PT Samudera Luas Paramacitra

Mooring Bollard Sebagai Tambatan Tali Kapal Saat Berlabuh

Setiap kapal yang berlabuh menghadapi risiko ketidakstabilan karena gelombang besar, derasnya arus laut, dan kencangnya anginoooo. Oleh karena itu, dermaga harus dilengkapi sarana tambat yang andal. Salah satu komponen tambat kapal yang vital adalah mooring bollard.

Mooring bollard sering juga disebut dengan nama marine bollard, ship bollard, atau bolder bollard.  Alat ini digunakan sebagai penambat tali kapal saat sedang sandar. Tujuannya agar kapal tetap berada pada posisinya,  tidak bergeser, berputar, atau pindah tempat akibat gelombang, arus dan angin.

Mooring bollard dirancang memiliki bagian yang lebih lebar di bagian kepala, bertujuan untuk menahan lepasnya tali tambat secara tidak sengaja. Yang penting, disediakan titik ikat yang kokoh untuk tali tambat. Dari segi desain dikenal cukup banyak ragam bollard tergantung tujuan penggunaanya yang ditentukan oleh:

  • Jenis, Dimensi dan bobot kapal yang akan ditambatkan
  • Sudut tambatan, ditentukan oleh jenis kapal dan pasang surut
  • Kedalaman kolam dermaga

Jenis mooring bollard yang umum diantaranya adalah cleat bollard, single bit bollard, double bit bollard, curved bollard, straight bollard, dan CVS bollard.  

  • Cleat bollard  merupakan tonggak tambat dengan ujung atas membentuk seperti tanduk. Cleat bollard sangat ringkas dan cocok untuk tambat perahu kecil.
  • Single bit bollard merupakan bollard yang di bagian tengahnya  atas terdapat dua ujung mencuat ke samping kiri dan kanan, membentuk salib. Kekuatan ikat tali kapal berada pada perisangan salib tersebut. Jenis tonggak pengikat ini cocok untuk kapal kecil.
  • Double bit bollard  pada dasarnya merupakan dua bit bollard yang dipasang sebagai satu kesatuan. Jenis bollard ini cocok untuk kapal yang lebih besar.
  • Curved bollard merupakan bollard dengan bagian atas menekuk membentuk semacam kait. Ujungnya berbentuk setengah lingkaran. Kekuatan ikat tali berada pada tekukan tersebut.
  • CVS bollard sebenarnya sama dengan curved bollard, tetapi ujung kait setelah tekukan melebar membentuk huruf V.
  • Straight bollard memiliki ujung berbentuk lingkaran yang berdiameter lebih besar daripada diameter tonggaknya. Kekuatan ikat terletak di bawah ujung lingkaran yang lebar tersebut.

PT Samudera Luas Paramacitra (SLP) memproduksi tiga jenis mooring bollard yaitu SLP Curved Bollard, SLP Straight Bollard, dan SLP CVS Bollard.

  • SLP Curved Bollard 

SLP Curved Bollard dapat digunakan untuk sudut tambatan besar. Bollard tipe ini tersedia dalam kapasitas hingga 200 MT.

  • SLP Straight Bollard 

SLP Straight Bollard dapat digunakan untuk sudut tambatan hingga 160o. Bollard tipe ini tersedia dalam kapasitas hingga 200 MT.

  • SLP CVS Bollard 

SLP CVS Bollard dapat digunakan untuk sudut tambatan hingga 160o. bollard tipe ini tersedia dalam kapasitas hingga 200 MT.

*Selain ketiga type di atas, SLP dapat memproduksi bollard type lain sesuai pesanan.

 Sebelum penggunaan, bollard diberi lapisan tambahan untuk memperpanjang masa pakainya dengan mencegah timbulnya karat berlebih. Bollard tersebut lalu dipasang menggunakan angkur yang dibuat dari as baja dengan finishing Hot Dipped Galvanized. Kami dapat menjamin bahwa SLP Bollard sangat aman untuk perangkat berlabuh kapal.

Bagi yang berminat terhadap SLP Bollard dapat menghubungi kami di hotline (+62) 823 2018 9998 atau email admin@niri-rubber.com.

Flags Widget powered by AB-WebLog.com.