Lindungi Ekosistem Laut dengan Mooring Bouy | Rubber Fender, Rice Hulling Roll, Elastomeric Bearing Pad, Rubber Airbag, Mooring Buoy | PT Samudera Luas Paramacitra

Lindungi Ekosistem Laut dengan Mooring Bouy

Kekayaan alam Raja Ampat sudah tidak perlu diragukan. Wisata laut ini menjadi destinasi unggulan Indonesia. Naasnya, keindahan bawah laut ini mengalami kerusakan akibat jangkar kapal. Beratnya jangkar dan rantai menyebabkan karang rusak dan mengalami fragmentasi. Parahnya, kerusakan yang disebabkan oleh jangkar dapat bertahan selama bertahun-tahun.

Dinas Perhubungan Kabupaten Raja Ampat mendapati laporan dari masyarakat atas kerusakan kawasan terumbu karang akibat kapal wisata membuang jangkar sembarangan. Seperti yang dipaparkan oleh https://www.merdeka.com/peristiwa/terumbu-karang-di-raja-ampat-rusak-akibat-jangkar-kapal-wisata.html. Kerusakan terumbu karang tidak hanya terjadi perairan Papua, kerusakan tempat tinggal biota laut itu juga terjadi di Taman Nasional Komodo Labuan Bajo. Sebab utamanya adalah jangkar yang dibuang sembarangan. (https://travel.kompas.com/read/2017/09/09/214600327/gara-gara-jangkar-kapal-terumbu-karang-di-manggarai-barat-rusak?page=all).

Guna mencegah terjadinya kerusakan alam yang lebih fatal, pemasangan Mooring Bouy adalah solusi yang perlu segera diimplementasikan. Mooring buoy berguna untuk memberikan tanda kedalaman laut yang terlalu dangkal. Hal ini akan mencegah kapal untuk menjatuhkan jangkar ke bawah laut dan menghindari kerusakan bagian bawah kapal besar yang membentur dasar laut.

Tidak perlu khawatir jika benda ini akan tenggelam ketika air laut sedang pasang ataupun surut. Pemasangan sinker (beban berat) di dasar laut yang dihubungkan dengan rantai dan shackle pada bouy, akan membuat buoy tetap berada di posisi yang ditentukan.

Namun, buoy memiliki peluang untuk terlempar jauh akibat cuaca yang sangat buruk. Meskipun demikian, hal ini masih dapat diantisipasi dengan pemasangan GPS, pemberian warna yang mencolok pada buoy dan lampu dengan sel surya. Selain itu, buoy yang baik akan dilengkapi dengan rubber fender untuk melindungi kerusakan akibat benturan kapal yang merapat.

Belum terlambat selamatkan alam, lakukan sekarang. Pencegahan dini dengan Mooring Bouy harus segera dilakukan. Hubungi kami untuk dapatkan info lebih lanjut ke nomor 0823 2018 9998.

Flags Widget powered by AB-WebLog.com.