Bisnis Online: Apa Bedanya Dropshipper dan Reseller? | Rubber Fender, Rice Hulling Roll, Elastomeric Bearing Pad, Rubber Airbag, Mooring Buoy | PT Samudera Luas Paramacitra

Bisnis Online: Apa Bedanya Dropshipper dan Reseller?

Kedua bisnis ini telah berkembang di masyarakat Indonesia bahkan dunia. Platform belanja melalui daring yang semakin menjamur, menawarkan kedua pilihan tersebut. Sehingga hal ini mendorong terciptanya trend belanja yang baru. Bagusnya, pembeli berkesempatan tidak hanya dapat berlaku sebagai konsumen namun secara tidak langsung dapat menjadi distributor. Pilihan ini juga dapat diakses dengan mudah hanya dengan gawai dan kontak langsung pada supplier.

Lalu apa bedanya dropship dan reseller?

Dropship adalah sebuah metode jual beli online di mana penjual tidak memiliki stok barang atau turut melakukan proses pengiriman. Dropshipper hanya perlu meneruskan pesanan pelanggan ke supplier dan supplier yang akan mengirim langsung ke pelanggan (sumber: Youtube CNBC Indonesia). Dapat disimpulkan bahwa dropshipper hanya fokus untuk memasarkan produk.

Sebaliknya dengan dropshipper, reseller memiliki produk yang akan dipasarkan, menggunakan media baik online dan offline untuk menjual produk dan tentunya proses pengemasan. Reseller terlibat langsung pada setiap tahap penjualan hingga produk sampai pada konsumen.

Kedua mekanisme penjualan ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak seperti reseller yang membutuhkan modal relatif besar, dropshipper hanya membutuhkan modal yang minim. Namun, hal ini diiringi dengan kekurangan seperti kualitas dan stok barang yang tidak diketahui oleh dropshipper. Kekurangan ini yang menimbulkan keluhan dari pelanggan.

Perkembangan dunia ke arah digital akan terus meningkat. Moment ini juga berimplikasi pada maraknya trend belanja online. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Netcomm Suisse eCommerce Association, Pusat Informasi Jaringan Brasil (NIC.br) dan Inveon, intensi masyarakat untuk belanja melalui daring meningkat 6-10% di sebagian besar kategori produk. (sumber: https://kabar24.bisnis.com/read/20201013/19/1304375/survei-unctad-pandemi-mengubah-tren-belanja-online).

Kondisi ini bisa menjadi angin segar sekaligus bumerang. Dengan teknologi yang semakin canggih, pedagang konvensional harus dapat bersaing dengan mekanisme belanja online yang terus berinovasi dan menawarkan kemudahan. Kebiasaan belanja online juga semakin kental di era pandemik dan diprediski akan bertahan seiring dengan kebutuhan konsumen terhadap e-commerce. 

Kami PT Samudera Luas Paramacitra menjawab tantangan di atas dengan membuka lowongan Dropshipper dan Reseller . untuk informasi lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran dan aturan main silakan hubungi nomor 0823 2018 9998.

Flags Widget powered by AB-WebLog.com.